Selasa, 03 Mei 2011

JIG DAN FIXTURE


A.    Definisi Jig Dan Fixture
Jig dan fixture adalah piranti pemegang benda kerja produksi yang digunakan dalam rangka membuat penggandaan komponen secara akurat. Hubungan dan kelurusan yang benar antara alat potong atau alat bantu lainnya, dan benda kerja mesti dijaga. Untuk melakukan ini maka dipakailahjig atauf ixt ur e yang didesain untuk memegang, menyangga dan memposisikan setiap bagian sehingga setiap pengeboran, pemesinan dilakukan sesuai dengan batas spesifikasi.
Jig didefinisikan sebagai piranti/peralatan khusus yang memegang, menyangga atau ditempatkan pada komponen yang akan dimesin. Alat ini adalah alat bantu produksi yang dibuat sehingga ia tidak hanya menempatkan dan memegang benda kerja tetapi juga mengarahkan alat potong ketika operasi berjalan. Jig biasanya dilengkapi dengan bushing baja keras untuk mengarahkan mata gurdi/bor (drill) atau perkakas potong lainnya. Pada dasarnya, jig yang kecil tidak dibaut/dipasang pada meja kempa gurdi (drill press table). Namun untuk diameter penggurdian diatas 0,25 inchi, jig biasanya perlu dipasang dengan kencang pada meja.
Fixture adalah peralatan produksi yang menempatkan, memegang dan menyangga benda kerja secara kuat sehingga pekerjaan pemesinan yang diperlukan bisa dilakukan. Blok ukur atau feeler gauge digunakan pada fixture untuk referensi/setelan alat potong ke benda kerja (gambar 1B). Fixture harus dipasang tetap ke meja mesin dimana benda kerja diletakkan


B.    Perancangan Alat Bantu
Perancangan (desain/design) alat bantu (tools) merupakan: proses mendesain dan mengembangkan alat bantu, metoda, dan teknik yang dibutuhkan untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas manufaktur, produksi dengan volume produksi yang besar dan kecepatan produksi tinggi memerlukan alat bantu yang khusus.
Desain alat bantu selalu berkembang karena tidak ada satu alat yang mampu memenuhi seluruh proses manufaktur.
C.    Tujuan Diadakannya Alat Bantu Produksi
Tujuan di adakannya alat bantu produksi yaitu untuk:
1.     Menurunkan biaya manufaktur
2.     Menjaga kualitas
3.     Meningkatkan produksi

D.    Syarat –syarat alat bantu produksi
 Syarat-syarat yang harus di miliki oleh suatu alat bantu yaitu:
1.     Sederhana, mudah dioperasikan
2.     Menurunkan biaya manufaktur
3.     Menghasilkan part berkualitas tinggi secara konsisten
4.     Menaikkan laju produksi dengan alat/mesin yang ada
5.     Foolproof, mencegah penggunaan/pemasangan yang salah
6.     Menggunakan material alat bantu yang menjamin umur
7.     pemakaian yang cukup
8.     Menjamin keamanan kerja operator

0 komentar:

Posting Komentar